RSS

KRIYA?! apaan tuh (1)

03 Apr

100-0057_img.jpg

mmmhhhh……pertanyaan diatas sering saya jumpai,,,,

 sewaktu pertama kali daftar USM – “ooo….FSRD ITB ada jurusan kriya ya?”

sewaktu ITB EXPO kemarin – “kriya itu ngapain aja?”

sewaktu mengenalkan diri ke orang lain – “kriya? baru denger, jurusan apa?”

sewaktu diterima di ITB – nenek bilang “yah apa aja, yang penting ITB” (nah loh!)

 seneng si ditanya2 kayak gitu tapi jujur itu menyakitkan!!!. kadang cuma bisa ngelus dada, sambil mengutuk dalam hati : “masa’ jurusan sekeren ini pada ga tau!”

 ha..ha…317x

tapi yasudahlah, saya sadari ketidakpouleran kriya dikalangan manusia-manusia rumus (halah), oleh karena itu saya ditakdirkan disisni…hahahahah (sok hero banget dah).

baiklah…..APA ITU KRIYA?

sebelum kita berkenalan dengan definisi dan teori2 tentang kriya, marikita simak list tugas salah seorang mahasiswi kriya semester VI, sebut saja mw21th :-simak dengan seksama-

catatan si mw21th

20 Maret 2008

– Studio IV (6sks) : definisi kantor, denah, company profile P.T DI, data tentang vertical blind, konsep desain, tema, alternatif warna, sketsa denah
–yang harus dilakukan: ke perpus DI, perpus arsi, minta data, bikin alternatif warna, sketsa produk (ragam hias dll)

– Rajut bordir(3sks): eksplorasi rajut(10 biji)
—yang harus dilakukan: ngrajut, cari bahan, beli benang,sktesa produk, acc

– reka bahantekstil (benang) (3 sks): 10 eksplorasi benang acc + 10 anyaman
—yang harus dilakukan: beli batik lagi, kaen hologram

– wirausaha kriya (2sks): bikin makalah usaha
—yang harus dilakukan: nyari perusahaan, bikin sketsa produk usaha

– tapestri (3sks) : bikin karya!, abis itu UTS
—yang harus dilakukan: beli benang akrilik 6 biji, sketsa

-psikologi persepsi (2sks) : kuliah dengan tenang, mendengarkan bu Lies mengajar dengan berapi2, sambil ditemani semilir angin (lalu tertidur)

-sejarah kriya (2sks) : duduk manis di kursi, pandangan lurus ke depan, siapkan alat tulis,dengarkan mr ‘H’ berkisah, cataaaaaat!!!!!..(ga sempet nyatet?, don’t worry be happy, segera motokopi diktat, jangan lupa pesen ke pa Agus (TU)….he..he..

 yups, demikian sekilas tentang KRIYA, sejauh ini……semoga mendapatkan gambaran tentang truly kriya….

okay, sampai berjumpa pada episode selanjutnya…silahkan renungkan dalam hati….lebih dalam lagi…lagi…lagi…yup, semoga anda semakin tertarik dengan kriya nusantara, siapa tau anda berminat untuk masuk prodi kriya, atau bahkan pindah jurusan..

kami tak tanggung

 
24 Comments

Posted by on April 3, 2008 in Yang Mikir

 

24 responses to “KRIYA?! apaan tuh (1)

  1. restya

    April 16, 2008 at 8:11 am

    yang jelas, walopun namanya mirip…kriya itu bukan saudaranya restya

     
  2. albaz

    April 21, 2008 at 5:11 pm

    @ restya : gubrag!!! hehe

    mo, lha aku kok baru tau ada yang seru kaya gini ya di ITB, tau gini dulu aku masuk kriya aja. hehe.

    btw, info2 kek gini nih yang bagus buat info ke adek2 kita sebelum masuk ITB ntar. gimana kalu buat pusat info atau tanya jawab buat calon mahasiswa ITB di web gamais? http://www.gamais.itb.ac.id/faq-itb

     
  3. restya

    April 23, 2008 at 5:31 am

    @K Albaz : ide bagus bikin FAQ ky gt… tapi butuh orang bwt konten datanya
    siapa bersedia?

    btw, Q dalam FAQ-nya dpt drmn?
    ntar klo Q yg frequently ask ada : siapakah Restya… repot juga

     
  4. morin

    April 24, 2008 at 1:17 am

    @tya
    waduh..tya…makin narsis aje ni makin hari…ha..ha..317x siapa yang telah merasukimu nak..nak..

    @albaz
    ide bagus tu baz…biar ada anak yang pengen masuk kriya ga nyasar ke elektro..hahahahah

     
  5. Ardian Perdana Putra

    April 24, 2008 at 3:15 am

    hahahahaha…106x…
    Pertanyaan pertama: kenapa selalu 317x?
    Pertanyaan kedua: Jadi kesimpulannya kriya itu apa?
    Pertanyaan ketiga: ngh… gak jadi deh, dua aja…

     
  6. yttrium

    April 30, 2008 at 10:03 am

    heheh, morin… maksudnya manusia2 rumus naonnnnn nya? piss!
    eniwey, keep ur spirit up! same here lah..😀
    sy link ya blognya…

     
  7. ninaberkarya

    May 5, 2008 at 2:40 am

    Alah,,,bilang aja kalo mw 21 tahun itu adalah morinta rosandini.
    udah rahasia umum itu mah bu, si mawar namanya.siapa lagi kalo bukan morin.

    pertanyaannya:
    1. kenapa nama samaran anda mawar?
    2. masa tugas segampang itu aja ga bisa sih bu?
    3. sepertinya sayah termasuk orang2 jenius karena sudah bisa mengerti arti kriya tanpa harus dijelaskan seperti itu bu.hahahahahaha…

    -temanSenasibSepenanggungan

     
  8. amanda

    May 6, 2008 at 4:33 am

    mor, ijin nge-link ke blog kuh boleh ya??
    yah? yah? yah?
    😉

     
  9. F4154LMAN

    May 7, 2008 at 2:21 pm

    hmm,,rada2 mirip2 elektro yak: ngedesain sketsa (rangkaian), ngerajut benang (aka kabel), bikin karya (mikro) heuhehe.. 8)

     
  10. Ahmad Ridwan

    May 13, 2008 at 5:26 pm

    euleuh365x… geuning aya morin di dieu, sugan emut keneh ka abdi.

    hmm… di kriya juga ya ternyata, sama seperti teteh saya, tapi dulu mah masih kriya tekstil saja, belum ada yang lain-lain kayak kriya keramik dkk…

     
  11. nanda

    May 18, 2008 at 12:18 pm

    Asw.Morin…
    huah,,seru ya kriya itu..btw,,,ajdi kriya itu apa?-masih ga nagkep….hwehe..=D

     
  12. odingaminuddin

    May 20, 2008 at 4:06 pm

    ow….kriya itu bikin patung ya, berarti kriya tekstil, n\bikin patung dari kaen, kenapa ga bilang dari dulu mba…..

     
  13. odingaminuddin

    May 20, 2008 at 4:06 pm

    ow….kriya itu bikin patung ya, berarti kriya tekstil, bikin patung dari kaen, kenapa ga bilang dari dulu mba…..

     
  14. anis

    May 27, 2008 at 12:38 pm

    kyknya menarik morin, ada nggak yg kira2 bs sy ambil buat matkul pilihan. sy serius lho! bth refreshing dr dpn kmputer, kykny ber-kriya blh juga, jadi apa saran anda bu mw21th
    bwt, sy bc “mw” itu “mahasiswa” lho bukan “mawar” hehe, salah ya?

     
  15. rifqie

    June 13, 2008 at 8:14 am

    ckckck…… morin udah 21 th? tuwir….. (sambil geleng2 kepala)

    -gHina-

     
  16. dewantika

    July 1, 2008 at 1:36 pm

    ooohh…jd selama ini nama samaran Mawar yg di koran2 itu kamu toh Mor? ckckck..turut prihatin,nak..

    btw,ijin ngelink blognya juga yha..mksih.. ^^

     
  17. rifqie

    July 3, 2008 at 4:34 am

    bubububu…..
    diupdate dong blognya😀

     
  18. feri

    July 14, 2008 at 9:52 am

    ihihihihihihih sama dong ….
    pas ditanya kerja di majalah apa saya jawab majalah KRIYA… majalah GRIYA???? (1241 orang) majalah PRIA apa??? (786 orang)

     
  19. al

    August 24, 2008 at 5:18 am

    wooo
    too bad for you…
    semuanya ga cuma bisa diliat dr mata kuliah yg diambil atau sekedar deskripsi pendek satu orang kan?

    better be watchout for your comment dear…
    its not just about sewing, knitting and designing
    but how to determinate the concept of life…

    jd kayaknya cm daftar mata kuliah aj ga cukup deh…
    ga sedangkal itu ko….

    sorry ya kl comment gw ga enak dibaca
    cm ngingetin aj biar lebih ati2 sblm kebaca org banyak…

     
  20. meemee imud

    September 25, 2009 at 4:00 am

    g mudeng….
    kriya??
    kaya seni rupa…
    ada rumus2??

     
  21. candra

    December 24, 2009 at 5:33 pm

    kriya ya??
    ada yang bilang seni rupanya indonesia,,
    ada jg yang ngomong klo pelakunya dulu seniman kraton.
    ada jg yang bilang salah satu cabang seni rupa yang memiliki craftmenshif tinggi dalm penciptaannya.
    ada juga yang bilang jurusan pertukangan.
    ada juga yang bilang “apa ya?? ga tau ah”
    silahkan pilih..
    yang jelas ada bahkan mungkin banyak orang termasuk pengajar kriya yang kurang tau esensial dari kriya itu sendiri,,
    slm knal

     
  22. ila qadri

    January 15, 2012 at 4:07 pm

    Kereeeeenn…mau lh ak,
    in ni yg ak btuh bt gambran ide2 ak…..heheheh,
    ngmong2 jur Kriya ni program S1 ato S2?????

     
    • morinmorefun

      January 22, 2012 at 12:17 am

      Yap yap…ayoo masuk Kriya🙂. ini jurusan s1, klo s2 di ITB hanya ada dua program: Seni Rupa dan Desain.

       
  23. dhiena apryan

    February 10, 2013 at 2:31 am

    kerennnnnnnnnnn….. ku mau donk buat nge-batik juga

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: