RSS

KP oh…Kape!!!!

10 Aug

KP oh KP

KP alias Kerja Profesi…mata kuliah yang satu ini emang yang paling unik. Uniknya melebihi keunikan studio manapun yang ada di kriya.

“KR4093″…Kerja Profesi Kriya Tekstil, yang punya bobot 3 sks…kuliah ini biasanya diambil sama anak tingkat 4 semester 7, tetapi karena prosesnya yang panjang, anak tingkat 3 pada akhir kuliahnya diperbolehkan mengambil lebih awal, dengan memanfaatkan waktu liburan semester. Mata kuliah ini merupakan salah satu syarat kita untuk bisa ambil TA (Tugas Akhir) di semester 8). Di kriya sendiri hampir 80% angkatan 2005 sudah melakukan KP, selama liburannya. Sang dosen pa Zaini Rais, membebaskan mahasiswanya untuk memilih tempat KP yang dituju, asalkan sesuai dengan bidang, minat dan persetujuan dosen wali dan kaprodi. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan praktek ini adalah minimal 160 jam, sekitar 1 bulan penuh (wuiz…dah kayak puasa). Tapi tidak sedikit juga mahasiswa kriya yang kp lebih dari itu bahkan ada yang ditawarkan langsung kerja disana.

Dalam KP, hal yang paling menyenakngkan adalah praktenya, yang selama 160 jam, sisanya menyususn laporan di kelas dan presentasi, naah ini dia yang bikin aga bete..hehe..tapi ga papa, namanya juga mahasiswa harus mempertanggung jawabkan segala apa yang pernah kita lakukan.

yups….saya sendiri selama sebulan kemarin menghabiskan waktu dan menambah pengalaman saya di Bukittinggi. 14 Juni 2008 saya berangkat kesana. Saya memilih KP disana karena banyak hal, antara lain: saya dah 2 tahun ga pernah pulang ke rumah nenek, bukittinggi tempat yang cocok untuk refreshing dari kepenatan di Bandung, dan juga bukittinggi punya banyka warisan budaya yang keren abiz, salah satunya sulaman khas dari bukittinggi. nah itu dia yang saya cari, mempelajari keunikan yang ada di sana.

Tempat saya KP bernama Yayasan Amai Setia, dalam bahasa minang itu berarti ‘ibu yang setia’. Letaknya di desa Koto Gadang, sekitar 10 km dari pusat kota bukittinggi. Amai Setia udah terkenal sampe luar negeri, disana ada kerjaninan sulam yang sangat terkenal namanya ‘Suji Cair’ dan ‘Kapalo Samek’ (kepala peniti). Selain sulaman disana terkenal juga akan kerajinan peraknya, seperti di kota gede, Jogja. hehe…[namanya hampir mirip ya…koto gadang=kota gede].

karena letaknya yang cukup jauh jadi setiap hari (senin-minggu) saya pergi kesana naik angkot. Angkotnya yang menuju kesana berwarna biru dan punya nomor 06, harus yang nomor itu, kalo ga nyasar ketempat lain.

selama sebulan saya menimba ilmu tentang sulam, renda, dan adat budaya koto gadang. tapi saya ga sendiri di sana, berdua sama Nana (Ratna) sahabat dari kriya yang sama ajebh2nya kayak saya.hehe. nana bukan orang minang tapi dia tertarik banget sama budaya-budaya indonesia, jadi dengan senang hati nana mau pergi bersama saya ke bukittinggi sebulan lamanya. tentu saja dengan restu dari orang tua nana, yang sangat sulit melepaskan kepergian anaknya (secara anak perempuan satu2nya, pasti disayang banget, ya na? hehe)

Kalo dah sampe bukittinggi, sayang banget kalo ga dateng ke tempat wisata lainnya. Jadilah saya dan nana berkeliling kota bukittinggi sambil menikmati berbagai tempat wisata dan kuliner yang ada. Sampe2 temen saya ada yang bilang: “rin kamu KP ato wisata?”….yah maklumlah, begini jadinya kalo KP di tempat wisata.

Sebulan lamanya ga kerasa dah berlalu, hiks…hiks…dah harus pulang, padahal ga pengen pulang…tapi kehidupan di Bandung menunggu. tepat 1 bulan 2 hari saya ada di bukittinggi saya pulang ke bandung. tanggal 17 juli 2008, naek pesawat dari MIA (Minang International Airport) beberapa kilometer dari perbatasan kota padang.

fiuh…..pulang deh….

KP oh KP

semoga benar-benar bermanfaat bagi kehidupan saya kelak….ya ga pa Zai?…hehe

 
Leave a comment

Posted by on August 10, 2008 in Yang Seru

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: