RSS

ampuhnya sistem Sangkuriang

15 Jan

(kisah ini diceritakan berdasarkan pengalaman dengan sahabat terbaik saya; Nina, Nana, cipus dan Nope)

dengan bangga memperkenalkan sebuah Sistem baru dalam mengerjakan tugas: SISTEM SANGKURIANG

pernah denger kata2 SKS?, tapi bukan SKS untuk Satuan Kredit Semester-nya anak2 kuliahan, SKS ini singkatan dari Sistem Kebut Semalem (pasti dah pada tau)…ini adalah sebuah sistem yang muncul dan berkembang pada jiwa-jiwa yang mempunyai prinsip LAST but not LEAST ato SAVE THE BEST FOR THE LAST…hahahaha…(pembenaran banget)…sistem sks ini sudah lama ada dan kita kenal ketika kita duduk di bangku SMP ato SMA, namun kasus ini jarang ditemukan di bangku SD, karena ketika SD kebnaykan sistem hidup manusia masih dipandu oleh orang tua di rumah atau guru di sekolah, lagipula 1+1 atau 2×5 apa yang mesti di SKS-in?!.

yups…sistem sks ini adalah sistem dimana setiap otang mengerjakan tugas atau amanah apapun dalam jangka waktu satu malam saja, alias ngebut.

Di zaman modern ini, dimana semua sudah mulai canggih dan mudah, ada laptop, sistem internet 24 jam, henpon multifungsi, bisa radio, internet, foto..dan bisa saja 1 tahun kedepan henpon dah bisa buat nyetrika baju, sitem kebut semalam pun ikut berkembang dan berevolusi menjadi semakin canggih dan cihuy…sistem ini bekembang begitu cepat menjadi sebuah entitas baru yang dinamakan sistem Sangkuriang. Dengan branding dan image yang baru sistem kebut semalam diharapkan bisa berkembang menjadi lebih maju dan lebih bermanfaat bagi si pemakai. Dinamakan sistem sangkuriang dikarenakan prosesnya yang hampir mirip bahkan megadopsi sistem akang sangkuriang (yang sesungguhnya dalam legenda sunda sangkuriang) ketika membuat sebuah kapal besar untuk sang kekasih dayang sumbi, dalam waktu satu malam saja. Walaupun pada kisah akhir akang sangkuriang gagal membuat sebuah perahu besar, namun dia berhasil membuat sebuah gunung nan keren rupawan yang saat ini dinamakan gunung tangkuban perahu.

Walaupun kesannya yang sangat etnik dan legendaris, namun sistem ini cukup canggih bila diteapkan untuk beberapa tugas. Tujuan dari sistem ini adalah membuat misi tercapai dalam waktu singkat dan dengan hasil yang mengagumkan. hahahahaha

Untuk menguji keampuhannya sistem ini sudah pernah di uji di laboratorim studio Kriya Tekstil 2005, dan beberapa mahasiswa telah berhasil dan mengaku sistem ini te o pe be ge te. alias top buanget…mahasiswa-mahasiswa tersebut mengaku terpaksa harus menggunakan sistem ini dan merasa sistem ini cukup membantu.

Sistem ini sangatlah mudah dijalankan, dapat dijelaskan dengan langkah-langkah berikut:

1. siapkan mata anda untuk tetap terbuka lebar, yang tidak akan tertutup selama berjam-jam
2. siapkan pemikiran-pemikiran spontan namun elegan yang dibutuhkan untuk memecahkan berbagai permasalah yang akan muncul dari tugas
3. siapkan otot-otot bisep maupun trisep dengan semaksimal mungkin, karena terindikasi otot-otot inilah yang akan banyak bekerja cepat
4. bila perlu siapkan kopi hangat atau susu hangat atau menghidupkan mp3 sesuai aliran lagu kesukaan untuk menambah laju adrenalin)
5. beristirahat sejenak, adalah hal yang juga patut di perhitungkan, istirahat yang dianjurkan bukanlah menutup mata sejenak (karena ini bisa mengakibatkan hal yang sangat fatal, alias ketiuran ampe pagi dan tugas belon beres) haha, beristirahat dapat dilakukan dengan cara menelpon kawan sperjuangan yang juga sedang berjuang jauh di ujung sana, atau membuka yahoo messengger dan melihat kawan yang masih online di jam-jam malam.
6.Setelah berisirahat (jangan keenakan), segeralah sadar dan kembali pada tugas yang sedang dihadapi.
7. ketika tugas sudah menuju final dan malam sudah berganti pagi, jangan merasa senang dulu…sebab kesalah bisa terjadi di detik2 terakhir. Cek kembali segala apapun yang sudah dibuat jangan sampai ada yang ketinggalan atau salah berbuat. Dan bila sudah merasa sangat yakin…..maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah:
8. berdoa…demi kelancaran esok hari (alias hari-H) atau hari pengumpulan, bisa dengan sujud syukur karena limpahan dan rahmat selama melakukan sistem ini, atau sholat sunnah dua rakaat ditambah witir (alias QL).
9. tahap terakhir adalah tahap yang paling menggembirakan, yaitu: TIDUR!!! haha….tahap ini adalah tahap yang paling di tunggu-tunggu kedatangannya, ketika mas sangkuriang sudah pulang keperaduan selesai melakukan tugasnya, dan detik-detik ketika mata ini terpejam. kenikmatannya sungguh luar binasa…
10. bangun dan bergegaslah berangkat ke kampus untuk meyongsong hari yang baik, jangan lupa berdoa dan memohon ridho dai kedua orang tua.

hal-hal yang perlu dihindari:

1. sejujurnya hal yang paling urgen untuk dihindari adalah: sistem ini sendiri, haha. yups…sistem ini hanya boleh dilakukan oleh insan-insan yang sudah terlatih dan prosfesional dalam bidang kebut semalam.
2. sistem ini sudah di uji secara klinis dan jeli, didapatkan hasl bahwa keefektifan kerja dari sistem ini kurang baik ,sebab segala sesuatunya dikerjakan dengan terburu-buru sehingga nilai kefektifitasannya menjadi sangat kecil. namun sekali lagi dutekankan, hanya insa-insan ang berpengalamanlah yang bisa melakukan hal-hal tersebut dengan kefektifitsan yang tinggi.hahahaha

CAUTION:

sistem ini hanya untuk beberapa kalngan tertentu, jangan pernah mencoba untuk tugas-tugas berskala besar seperti TA, ataupun proyek kantoran. Sistem ini hanya berlaku bagi orang yang sudah terbiasa dengan kerja cepat, tepat dan yang mempunyai kemampuan mengeluarkan ide pada waktu-waktu sempit (haha..saya banget). Jauhkan dari balita berumur 1-5 bulan.

thanks to:

-Allah subhanallahu wata’ala…yang senantiasa memberikan kekuatan pada bahu ini untuk terus tegar dan kemudahan serta kelapangan hati.
-Ayah Ibu yang selalu membantu jika benar-benar dibutuhkan, serat semua sokongannya
– sahabat-sahabat saya na,nin,cip,pe yang sedia bersama-sama dalam suda dan duka
– Mas Sakngkuriang yang bersedia hadir disetiap malam-malam ku dalam setiap tugas-tugasku..hehe
-Mu’adzin desa Sukamenak, yang sudah mengingatkan saya akan waktu-waktu sholat
– Ayam berkokok (yang sekarang dah ga zaman lagi)…makasi atas kokokkannya, kokokkan mu bagaikan alarm tanda tugas ini harus segera usai

hahahahaha…317x

tulisan ini murni dibuat karena pengalaman ketika mengerjakan beberapa tugas di semester 7 ini, serta pengalaman bersama sahabat-sahabat yang akan menjadi kenangan indah di masa yang akan datang.

–beberapa dari tulisan ini ada yang dibuat lebay, namun tidak mengurangi esesnsi dan maksud dari tulisan–

udahan ah….selama mencoba bagi yang berminat…semoga sukses

kopo, 14 januari 2009 (H+1) selesainya ujian akhir semester.

 
5 Comments

Posted by on January 15, 2009 in Yang mengharukan

 

5 responses to “ampuhnya sistem Sangkuriang

  1. aisar

    January 16, 2009 at 9:16 am

    updet juga akhirnya😀

    ck ck ck, mahasiswa itebeh dimana-mana sama sahaja cara ngerjain tugasnya,

    ni bagian yg paling lucu :

    henpon multifungsi, bisa radio, internet, foto..dan bisa saja 1 tahun kedepan henpon dah bisa buat nyetrika baju

     
  2. Citra Puspitasari

    January 16, 2009 at 2:44 pm

    mor, smoga mas sangkuriang jarang dateng
    bosen eik ketemu terus (~,~)

     
  3. adit_uti

    March 30, 2009 at 6:50 am

    baru buka blog morin lagi niy…

    sumpah, tulisan ini keren. dan gw setuju banged ma langkah-langkah yang ciamik yang ditulis dengan penuh penghayatan oleh morin, hehe.

    morin gak pernah keabisan ide lucu yah??!

     
  4. morinmorefun

    March 31, 2009 at 1:20 am

    @ aisar: yoi sar…ga di sr ga di elektro sama aja..haha

    @ cipus: yakin cips? gakan kangan tuch ma abang sangkur? huaha///yah semoga ga terjadi lagi di TA ini

    @ uti: huahaha..utiiiiii!….tulisan ini dibuat ketika musim begadang sedang marak-maraknya dilakoni oleh anak kriya…jadi memang sangat menhayati nulisnya juga..hehe…maklum saya termasuk dalam tim sukses GBAS alias gerakan begadang ala sangkuriang

     
  5. harly

    June 23, 2011 at 4:34 am

    SKS itu udah jadi budaya yang sulit di hapus dalam dunia pendidikan di indonesiam …
    ku sebenarnya ngak suka .. tpi mau gimana lg.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: