RSS

BEGADANG VS (rayuan) Bantal Guling (lima tipe pegadang)

16 Jan

siapa yang ga pernah begadang? setiap orang pasti pernah merasakan pahit manisnya serta suka dukanya begadang…

yups…begadang, bukan saingannya jam gadang dan bukan juga sepupunya koto gadang (?!). Tapi begadang adalah sebuah kegiatan yang sakral yang dilakukan oleh banyak elemen manusia (dari pelajar hingga bos2 kantoran) demi mencapai sebuah tujuan, biasanya mereka mengorbankan jam malamnya untuk tetap terbangun demi menyelesaikan tugas2nya.

Begadang itu tidak mudah, banyak godaan dan tantangan yang harus dihadapi oleh sang begadangers, salah satu tantangan terberat adalah rayuan dari sebuah benda kotak dan empuk yaitu bantal, dan bisikan maut dari benda silinder juga empuk yaitu guling. Kedua buah benda ini terlihat sangat lemah namun jangan salah, keduanya dapat menerkam dari belakang, memainkan imajinasi akan kenikmatan memejamkan mata (tidur) dan terlelap bermandikan mimpi.

Setiap manusia memiliki metoda-nya masing-masing untuk melakukan dan mensukseskan kegiatan begadang ini, mereka juga mempunyai motivasi serta trik-trik-nya sesuai dengan kepribadian dan keahliannya.

Berikut merupakan sebuah analisa yang dilakukan oleh dokter bedah plastik terkemuka dari wilayah selatan bandung, sebut saja mawar 22th:

Menurut Dr. Mawar22th, tipe begadang manusia dapat digolongkan menjadi 5 jenis pegadang. Penggolongan ini diklasifikasikan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Mawar22th di sebuah laboratorium terselubung terhadap lima mahasiswi kriya tekstil itb 2005.

Kelima tipe tersebut antara lain:

1. Tipe Pedendang

Dari namanya tipe ini sudah sangat jelas sekali bahwa, orang-orang yang berada pada tipe ini sangat suka sekali berdendang dambil bergadang…eh atau begadang sambil berdendang?!….yah dua-duanya lah..hehe.

contoh lagu:
(nyanyikan dalam irama iklan rokok sejati, dan gunakan kecrekan atau rebana)

“kau yang sejati….begadang dengan hati…taklukan hari…kau pegadang sejatiiiii”

keributan dan kegaduhan merupakan temannya dalam begadang, tipe ini sangat menghindari kesunyian malam…karena menurutnya kesunyian malam merupakan musuh paling mengerikan yang harus dia hadapai selama begadang. Sehingga mp3, radio, winamp, hingga murattal quran adalah senjata ampuhnya yang sering digunakan selama begadang. Tak usah heran dengan tipe pegadang seperti ini, sebab dia bisa mengulang winamp-nya sampe beratus-ratus kali walaupun cuma ada 5 lagu didalamnya. Sehingga di akhir begadangnya, tidak hanya tugasnya yang selesai tapi disertai bonus hapalan 5 lagu yang ada di winamp-nya…hahahaha

Tipe pedendang termasuk kedalam tipe semi autis, mereka bisa mengerjakan tugas sambil menggerak-gerakkan badan. Gerakan badan ini merpakan gerakan refleks dari tubuh ketika mendengarkan musik atau lagu, hal teresebut berfungsi untuk merangsang hormon adrenalin utuk bergerak cepat di dalam tubuh, sehingga otot-otot mata tidak mudah lelah bahkan terus berkontraksi.

kelemahan dari tipe ini adalah waktu yang dilaluinya untuk mengerjakan tugas harus dibagi rata dengan waktu-waktu untuk berjoget (halah lebay), sehingga batas waktu yang dipakai akan semakin sedikit berbanding terbalik dengan waktu penyelesaian tugas.

kelebihan dari tipe ini adalah ketika tipe-tipe ini menggunkan daya imajinasinya untuk menyelesaikan tugasnya, terutama tugas laporan atau sesuatu yang berbau tulisan….dengan begitu orang-orang tipe ini akan memakai imajinasi berlebihnya untuk mengarang bebas dan nge”bacot ria” di depan komputer, namun hasilnya: dari 5 lembar yang fiketik intinya cuma ada di paragfraf satu ato paling akhir, sisannya cuma pengantar serta bualan belaka. hahahahahahaha
2. Tipe Kesunyian (tipe melankolis)

Tipe kesunyian banyak dimiliki oleh orang-orang melankolis, yang mempunyai prinsip kosong adalah isi dan isi adalah kosong (hehe…sun go kong banget), maksudnya sunyi adalah kekuatannya…tipe ini dapat bekerja secara prima ketika sepi menjadi temannya, tak ada suara-suara penganggu yang dapat mengganggu konsentrasinya dalam berkarya dan bekerja. Oleh karena itu, tipe kesunyian terkadang sulit bila dipadukan dengan tipe pedendang.

“dangdut” adalah sesuatu yang membuat tipe ini kewalahan, jarang sekali musik diputar selama proses kreatif sang kesunyian, kalaupun ada bunyi-bunyian itupun hanya bunyi sekumpulan jangkrik yang sedang beraksi di luar, lagu-lagu pelan dan mendayu-dayu ataupun suara ceramahnya aa gym.

kekuatan dari tipe ini terletak dari konsentrasi tinggi yang dibangunnya sejak awal, berusaha untuk membangun ketengangan dalam jiwa bisa menjadi motivasi besar dalam bekerja.

tipe ini akan semakin semangat bila dia mempunyai teman ngobrol atau teman berbagi. Dengan adanya teman tersebut akan membuat tipe ini tidak mudah mengantuk, karena dia sangat suka sekali berbagi cerita dengan partnernya, mengenai apa saja yang pernah dan suka dia lakukan. Namun tipe ini, akan sangat mudah tergoda dengan kenikmatan-kenikamatan lain yang ada di sekitarnya;

contoh: tergoda dengan YM-an, sehingga lupa ama tugas yang lagi dikerjain, karena keasyikan ngobrol.hehe
3. Tipe On-OFF

Orang-orang yang berada di tipe ini adalah oarang-orang yang memiliki kekuatan timing yang tepat. Tipe ini bisa bangun dan bisa tidur secara periodik, sesaat terbangun dan sesaat lagi tertidur…Hebatnya tipe ini bisa tidur dalam berbagai posisi, dan tetap statis hingga terbangun dan tersadar…lalu melanjutkan kembali kerjanya. Tak jarang tipe ini memiliki posisi tidur yang beragam. Oleh karena itu tipe ini disebut dengan istilah on-off alias mati idup…mati idup…tak kenal tempat dan waktu.

Kelebihan dari tipe on-off adalah konsistensi yang dia miliki dalam bekerja, bisa tertidur namun dalam waktu yang begitu cepat bisa terbangun dalam waktu yang cepat pula, serta memiliki sistem alarm alamiah yang baik. Satu motivasi yang ada dalam benak tipe ini sehingga bisa membuat kontrol tidur dan bangun yang baik adalah sebuah keharusan menyelesaikan tugas. Keharusan tersebut yang akan menjadi sekring otak untuk membangkitkan kerja otak sehingga mudah tertidur dan mudah terbangun. Selain kemampuannya dalam mengontrol kerja otak, tipe ini juga menjadi tipe pemikir yang cukup hebat, setiap apa yang diperbuatnya memiliki makna filosofis yang mendalam.

kelemahan dari tipe ini adalah adanya sistem putus -nyambung dalam otak, sehingga terkadang menyebabkan kelupaan sesaat.
4. Tipe Pembangun Jaringan

Tipe yang satu ini mempunyai gelora juang yang sangat tinggi di banding tipe-tipe lainnya, semngatnya untuk begadang benar-benar tak terkalahkan, saking semangatnya tipe ini terkadang bisa tertidur dalam mimpi-mimpinya sekejap.

Seperti namanya tipe pembangun jaringan memiliki kemampuan yang kuat dalam hal koordinasi dengan kawan seperjuangannya yang juga sedang berjuang di jalur yang lain. Kebersamaan adalah prnsipnya yang unik, kecepatan dan ketepatan dalam bekerja menjadi andalannya.
kelebihan lain dari tipe ini adalah bila dia tertidur di tengah perjalanan maka akan ada 2-3 atau lebih orang (temannya) yang akan membuat dia tetap terjaga, baik itu dengan menelfon, sms ataupun dengan memiskolnya…sehingga dia akan tetap terus bisa terbangun hingga tugas selesai.

tipe ini biasanya dimiliki oleh para aktivis kampus, dimana mereka mempunyai jaringan yang cukup baik dengan kawan-kawannya baik itu yang satu jurusan maupun yang berbeda alam sekalipun (lebay).
5. Tipe anti begadang lama-lama

tipe terakhir adalah tipe yang paling unik dan sulit di definisikan, serta sulit di analisis. hal tersebut dikarenakan keberadaannya yang terkadang muncul dan tenggelam dari peradaban ketika waktu-waktu begadang tiba. Tipe ini terkadang anti terhadap kegiatan begadang namun terkadang pula harus melalui waktu-waktu begadangnya. Hal tersebut dikarenakan tipe ini sudah cukup rajin mengerjakan tugasnya di siang hari, ketika marahari masih menampakkan wujudnya, dan saat bulan menduduki posisinya tipe ini sudah menyelesaikan tugasnya.

kelebihan dari tipe ini adalah waktu tempuh tidurnya akan semakin panjang, karena dia terkadang bagadang dan terkadang tidak butuh begadang.

kelemahan dari tipe ini hanya satu yaitu tipe ini tidak punya kenikmatan dalam begadang…hehehe

——

tipe-tipe diatas adalah tipe-tipe pegadang yang diteliti dan sudah menerima lisesnsi dari badan sensor gadang nasional indonesia.

tipe-tipe diatas dapat dikombinasikan dengan tipe-tipe lainnya yang sedang dikembangkan oleh dokter mawar, antara lain: tipe pemamah biak (gakan begadang kalo ga ada makanan) dan tipe kopi manis (harus minum kopi sebelum begadang). Bila berhasil mengkombinasikan tipe-tipe diatas dengan baik maka akan dihasilkan kualitas begadang yang baik, tidak hanya tepat namun juga efektif.
๐Ÿ™‚
apapun tipe begadang anda…..silahkan lakukan sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan masing-masing……karena begadang sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan manusia…

karena tak kau lihat terkadang malaikat mencatat setiap amalan kita, dan malaikat juga tahu siapa yang jadi juaranya

–tetaplah bertahan dari godaaan bantal dan guling–

dipersembahkan untuk sahabat-sahabat saya yang sudah, sedang dan akan selalu berjuang bersama-sama

salam cinta
dokter dari bandung selatan
mawar 22th

 
17 Comments

Posted by on January 16, 2009 in Yang Seru

 

17 responses to “BEGADANG VS (rayuan) Bantal Guling (lima tipe pegadang)

  1. odingaminuddin

    January 17, 2009 at 3:44 am

    wah keren banget tulisannya, aku janji deh ga akan meremehkan morin lagi (loh…), btw, gwa masuk pegadang tipe 1 kayaknya, pegadang pedendang, secara gitu i love music, satu lagi tipe pegadang harusnya, pegadang tipe 21,maksudnya begadang sambil di selingi sesekali nonton, nonton bola, nonton film dll, tapi biasanya tipe ini gak selesei tugasnya, abis nonton atau saat nonton, malah tidur….. semangka morin, nagka juga!

     
  2. padhangilalang

    January 17, 2009 at 8:40 am

    mift said :
    buset dah, gue kayany tumpkan banayk tipe.. pemamah biak ho-oh,,, kopi tawar 1,5 liter semalem pernah… hasilnya..5 hari kagak tidur. tapi abis itu negliat tulisan di kompi goyang-goyang, dan pohon-pohon di taman ganesha menari-nari dangdut. halah!

    kei said :
    kayanya masuk ke empat tipe yang atas deh… tipe satu waktu tingkat 2 ama 3. yang distel lagunya LINKIN PARK. biar tetep on pas ngerjain tugas. tipe kesunyian sekarang. saat nemenin temen TA. tipe on-off waktu bikin kurtum, pengamatan tiap dua jam bo! selama sehari.
    tipe kopi manis, kalo lagi ada film yang pengen ditonton di tipi. mis: harry potter…

     
  3. restya

    January 17, 2009 at 10:29 am

    ah… aq yang pertama kykny
    jadi kalau di sebuah kosan yang sunyi pada malam hari…
    tiba2 terdengar suara nyanyian
    itu bukan nyanyian kuntilanak…

    tapi begadangnya gak ngebacot, kok…
    malah bikin diagram, sambil menyanyi2

     
  4. Citra Puspitasari

    January 17, 2009 at 10:47 am

    mor, serius banget itu mbales smsnya
    inget buuuu
    hohohoho

    ya sudlah smoga dapat yg terbaik :):):)

    oya, surveynya sama siapa mor?

     
  5. yudhaindrawan

    January 18, 2009 at 2:17 am

    ha..ha.. gw keliatannya tipikal fusion antara pendendang dengan pemamah biak.

     
  6. Nina

    January 18, 2009 at 4:17 pm

    kalo gw udah jelas tipe pembangun jaringan.tipe pendendang juga. ditambah tipe on-off.
    intinya.semuanya.hahahaha

    lebih tepatnya kayak gini:
    sebelum mulai melakukan kegiatan begadang, telepon/sms orang sebanyak- banyaknya, lalu uundang/paksa/minta baik-baik (terserah mau yang mana) buat bangunin lo pada waktu yang telah ditentukan. setelah rombongan penelepon menelepon lo pada jam J, pada saat itulah waktu on-off dimulai.
    on-off antara satu penelepon dengan yang lain (maksudnya setelah ada yang bangunin, kita tidur lagi, udah gitu ada yang bangunin lagi, dst).dan setelah itu saat2 yang paling menentukan, apakah anda merupakan seorang pegadang sejati atau ga. karena kalo ga prope dalam hal per-on-off-an, dijamin anda akan langsung tidur dan bablas sampe pagiiii!hahahaha
    *yang akhir2 ini paling sering gw lakukan T_T

     
  7. egadioniputri

    January 19, 2009 at 4:06 am

    dengan mudah saya bisa memastikan kalo saya tipe 3!!!
    teman sekamar atau sekelompok udah sering tuh terheran2 kok saya bisa tidur dalam posisi duduk tegak sambil megang pensil atau di depan laptop yang kebuka :))

    tp..masih bingung sm yg tipe 4, maksudnya gimana sih?

    btw, kalo dokter mawar mo ngadain penelitian lebih lanjut coba deh dateng ke labtek V, di sana banyak banget kelinci percobaan yang bisa diteliti…kami pernah bikin rekor semalam penuh ada 40-an orang yang begadang, tersebar di berbagai sudut, ada labdas 3, MIC, lab2 keahlian, sekre 2 himpunan, sekre 1 himpunan…dan diduga masih ada juga yang di sudut lainnya..haha
    ditunggu, bu dokter๐Ÿ˜€

     
  8. odingaminuddin

    January 20, 2009 at 10:55 am

    hah? gwa di blogroll kok ga ada? kejamnya….. ha..ha…pish…

     
  9. gummi

    January 24, 2009 at 12:35 am

    numpang-numpang
    wah pembahasan dari dr.mawar22th cukup sisematis dan masuk ‘logika’
    btw sy kynya masuk tipe 5 yang kalo sudah ada panggilan untuk mulai bermimpi, ya bermimpilah….

     
  10. retnoutami

    January 28, 2009 at 7:06 pm

    Assalamu’alaikum..

    Moriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnn…………..
    Ya ampun kok bisa ya lagi begadang gini nemu tulisan tentang begadang.. Hehe.. Kalo saya kayanya campur, beda malam beda tipe begadangnya. Mix begadang gitu..

    Btw saya terharu morin, hiks hiks..
    Namaku ada di blogroll-mu..
    Jazakillah ya..

    Semangka juga!

    Jadi ke Jepang teh? (amin..amin..)

     
  11. morinmorefun

    January 31, 2009 at 1:27 am

    @ ega..huahaha boleh..boleh..ntar saya berkunjung dah kesana..akan mencoba meneliti lebih lanjut, siapa tau bisa menemukan kelompok baru dari spesies baru

    @amin….ampuuuuuun min…muaap..

    @gumi…haha…sangat prinsipil…good..good, mengikuti hati nurani

    @nono….no, lagi begadang bu? bagus…tips-tipsnya bisa langsung diptaktekkan mungkin (tips yang mana ya?.hehe)…doakan ya mi..pengen ke Jepang, tapi belum diizinkan tahun ini sepertinya, nono pergi kapan?..tumggu morin ya. di sini masih banyak tekanan dan tuntutan yang sulit saya penuhi (haha), tau kan no?

     
  12. Ardian Perdana Putra (Indonesia)

    April 8, 2009 at 12:14 am

    Jyahahaha 106x… blasteran tipe 1, 3 dan 5 euy…

     
  13. Yahdi

    June 6, 2009 at 9:01 am

    ada yang punya murottal thaha al Junayd tidak….? butuh nih… enak sih suaranya…๐Ÿ™‚

     
    • morinmorefun

      June 6, 2009 at 9:15 am

      maaf pak saya belum punya….semoga bisa dapet ya..kalo dah dapet..bagi2..hahaha..ga mau rugi

       
  14. marwan

    November 23, 2009 at 4:21 pm

    numpang nanya dong.. ada yang tau ga dimana saya bisa download jingle iklan rokok sejati? klo ga salah judulnya kau yang sejati benar ga?
    thanks

     
  15. Tri Sigit Sulistyo

    February 17, 2010 at 9:57 am

    salam kenal

    ditunggu kunjangan balik nya

     
  16. harly

    June 23, 2011 at 4:36 am

    klo nurut aku nia,, Musuh besar begadan itu ya bantal guling ..
    solnya klo ku berencana begadang tapi ditemani ma bantal guling .
    maka 99 % kemungkinan begadangnya bakalan ngka jadi.. alias ketiduran..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: