RSS

tips trik nyarter ANGKOT

08 May

Bandung kota kembang….itu dulu, sekarang mah Bandung kota angkot. Yups…saking banyaknya angkot yang menjamur, bak kucing beranak pinak, warna-warni kota Bandung bukan ditentukan lagi oleh kembangnya yang beragam namun karena angkotnya yang berjubel.

wuakakakakak…pembukaan yang cukup lebay…tapi cukup realistis. Sebenernya kali ini saya mau memberikan tips dan trik bagaimana men-carter angkot di kota Bandung.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Rabu, 6 Mei 2009….saat itu rombongan Kriya ITB akan berwisata ilmu ke Padepokan Dayang Sumbi, desa Sindang Layu, hampir Ujung berung, Bandung Timur. Saya bertugas menjadi koordinator perjalanan hari itu. Transportasi yang akan digunakan adalah angkot, karena tidak mampu menyewa bus ITB yang satu hari berharga 4xx.xxx ribu (hanya untuk 25 seat, sedangkan yang dibutuhkan adalah 60 seat).

Angkot saat itu menjadi pilihan cepat dan tepat.

tips dan trik nyater angkot:

1. Hal terpenting: jangan nyater angkot yang punya trayek sedikit. Bahaya bagi pelaksanaan kegiatan, karena jumlah angkot yang jarang, bisa menyebabkan molornya waktu kegiatan, karena harus menunggu angkot yang lain datang dari gunung (alias dari sarangnya). Apalagi kalo mau butuh lebih dari dua angkot. contoh angkot yang punya trayek dikit: angkot pinki, jurusan (apa ya?)..pokoknya yang ke arah arcamanik. Jikalau angkotnya kelamaan bisa2 kita malah negdangdut di pinggir jalan sambil nyanyi lagunya Ridho Rhoma: “daaaaaaatanglaaaaaah…kedatanganmu kututnguuuuu, tlah lamaaaaa, telah lama ku menungguuuu”. wuakakakakak….

2. Pilih angkot yang sejurusan dengan tujuan. Hal ini agar memudahkan si mang2 angkot kalo mau “narik” saat menunggu kegiatan kita selesai. (tapi ingat dengan tips no.1, kalo satu jurusan tapi trayeknya dikit, mending nyari yang beda jurusan tapi trayeknya banyak).

3. Cari angkot yang punya trayek banyak, yang dimana setiap seratus meter pasti angkotnya ada, dan selalu rebutan penumpang. contoh angkot bertrayek banyak: kalapa-dago, soreang-leuwi panjang, cibaduyut-krg. setra, dll. Jangan kuatir ketika mencarter angkot, maih ada penumpang didalamnya, jikalau sudah ada ijab qabul carter dengan mang2 angkotnya, dijamin para penumpang yang sedari tadi duduk manis di dalam angkot pasti “diusir” ke angkot tetangga. (tapi kita juga harus sadar kondisi, jangan nyater angkot yang sedang hot-hot nya alias lagi penuh banget, bisa-bisa kita digebukin masa penumpang angkot gara2 angkotnya mau kita carter)

4. Ijab Qabul Carter; merupakan salah satu bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan carter-mencarter angkot. Ijab Qabul atau perjanjian kesepakatan antar kita dan mang2 angkot harus dilaksanakan se-detail mungkin di awal pejumpaan dengan manh2 angkot. Detail yang diperlukan adalah kesepakatan harga (pang penting na), kesepakatan tempat (kalo bisa mang2 nya di kasih denah tujuan). Karena bila kurang detail (terutama masalah tempat), bisa2 ketika sampai tujuan mang2 nya protes minta tambah “gaji bensin” dengan alasan: “waaaah…neng ini mah lebih jauh dari yang saya kira”. Kalo udah gitu..beuuuuu….bisa naek bajet nya. so hati2…saat ber-ijab qabul. Mmmh…satu lagi, nyarter angkot sama halnya dengan jual beli barang, harus pandai2 menawar. Jadi..tawarlah sepandai-pandainya..wuahahahahaha….

5. Minta no kontak yang jelas. Hal ini untuk memudahkan koordinasi jaraj jauh, jikalau diperlukan, dan juga memudahkan kita bila ingin mencaerter angkot di kemudian hari, serta menambah relasi semakin luas. Jangan salah, angkot zaman sekarang hapenya dah lebih canggih dari mahasiswa, blekberi? bisa jadi….. hehe..oyah kalo mau berkreasi tanyakan namanya sekalian, kalo lagi iseng coba search di pesbuk sapa tau ada, dan bisa jadi pren.

5. Carter sepagi mungkin!….makin pagi makin asoy, apalagi kalo yang kegiatannya dimulai pagi hari. Hal ini untuk mencegah keterlambatan  sang supir angkot dan kengaertan yang disebabkan oleh teman2 yang belum dateng. hohohohoho

6. Mengatasi tukang angkot yang betingkeh: bersikap tegas, jangan lembe2, tetap senyum dan berwibawa. Karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Kalo mang2 angkotnya tiba2 minta naik pohon eh…naik “gaji”…dirundingkan lagi sebaik-baik mungkin, ajak teman yang benar2 mengerti masalah jarak dan bensin (karena terkadang mang2 angkot nyinggung2 masalah berapa liter bensin yang habis dan berapa rupiah yang harus kita tambah). wualah…agak repot tapi tetaplah tegar, seperti apa kata ROSA: “akuuuuu tegaaaaar”.

7. Tetap jaga koordinasi yang baik dengan mang2 angkot sekalipun sudah bertingkah..hehe..demi menjaga silaturahim yang baik dengan seluruh warga dan masyarakat Indonesia. MERDEKA!!!!. Karena angkot ada dimana2, angkot butuh kita dan kita butuh angkot. Hubungan simbiosis mutualisme inilah yang akan membuat siklus kehidupan tetap seimbang.

8. Oyah, satu lagi: bayar di akhir, ada baiknya dengan uang pas.

9. So….selamat mencoba, semoga anda menjadi pen-carter yang handal.

ada yang mau menambahkan?…silahkan dengan senang hati..karena saya juga baru mencoba menjadi “juragan” transport sehari saja, dan itu cukup.

hahahaha…317x

viva angkot Bandung…..semoga transportasi di Bandung semakin hari semakin baik. amin

special thanks to: Aul yang udah bantuin nyarter angkot seharian, Tria yang udah mensupport saya selalu dikala setres menghadapi mang2 angkot.

 
17 Comments

Posted by on May 8, 2009 in Yang Seru

 

17 responses to “tips trik nyarter ANGKOT

  1. yudhaindrawan

    June 8, 2009 at 5:44 pm

    wah, tips yang sangat berguna. Mungkin poitn nomor 4 bisa didetailkan kembali

     
    • morinmorefun

      June 9, 2009 at 3:19 pm

      mmh..masalah ijab qabul ya…jadi kalo nyarter angkot jangan percaya pada pandangan pertama (halah) kesepakatnnya harus jelas..misal kita mau nyater angkot ke tangkuban perahu….tapi ternyata mang2nya salah denger, kita malah dianterin ke tukang tahu sumedang..kan bisa berabe..selain ongkosnya bisa naek, nyasar adalah sesuatu hal yang harus dihindarkan…

      jadi kesepakatan harga dan tempat harus jelas dari awal..kalo perlu kasih peta jelasnya

      selamat mencoba

       
  2. winy

    June 17, 2009 at 4:19 pm

    wah tinggal di bandung ya… boleh nih posting hal lain lagi soal angkot2 bandung. suka bingung soalnya…. makasih atas infonya…

     
    • morinmorefun

      August 19, 2010 at 9:24 am

      hohohoho…..salam kenal mba winy..

      yap, saya tinggal, berdomisili, serta memamahbiak di bandung…^^

      mmh…info ttg angkot….bole juga tuh, menarik, saya coba buat yak, maklum saya angkoters semenjak duduk di bangku SD, hehe..moga bermanfaat…

      terimakasih

       
  3. aul

    June 20, 2009 at 12:06 am

    hahahha.yaelah.gua juga salah nego kali

     
    • morinmorefun

      August 19, 2010 at 9:25 am

      kagak ah ul, itu cuma perasaan mu saja…..(pengalaman nan sudah lama pisan)

       
  4. Neu

    June 20, 2009 at 3:53 am

    sip. =,=b
    ‘based from real experience’ sih ya…

     
  5. mae

    August 25, 2009 at 4:05 am

    aslmkm….mau nanyaaaaaaaa doooonggg…heleppp
    kalo mau nyarter angkot dari bandung ke lembang kira2 berapaan ya mbaak???? lg butuh jd nh buat acara…mkasiih

     
    • morinmorefun

      August 19, 2010 at 9:30 am

      waslkm…mba/mas mae…maafkan diriku ini, yang sudah lama tidak membalas komen dari anda……maaf…maaf…317x

      smoga sudah jawaban yang tepat dari pihak yang tepat….karena jujur untuk carter angkot ke lembang saya blm pernah nyoba, jadi….saya blm tau pasti kondisinya….maaf ya mae, saya blm bs membantu…

      terimakasih banyak ^^

      moga sukses dalam dunia perangkotan

       
  6. miphz

    November 24, 2009 at 8:33 am

    sungguh indah, kita butuh angkot dan angkot butuh kita, T_T aku terharu,,, nice tips😉

     
  7. mahanagari

    August 18, 2010 at 2:29 am

    Halow, Morin,
    Kami dari Mahanagari.
    Mau nanya, kami tertarik sama tulisannya. hehe lucu soalnya. Unik. Boleh tak kalau kami muat di website Mahanagari : http://www.mahanagari.com. Mangga Morin liat dulu webnyah😉 makasih yaaaa! ditunggu jawabannya ya

     
    • morinmorefun

      August 19, 2010 at 9:41 am

      wew…wew….suatu kebanggaan Mahanagari bisa main ke blog morinmorefun…hoho…saya suka banget ama desain2 kaos nya mahanagari…

      apalah saya ini sesungguhnya….hanya makhluk kecil yang senang berkomentar akan dunia angkot dan sekitarnya

      tapi terimakasi ya sebelumnya, sudah mengapresiasi, tulisan saya yang ngalor ngidul kemana-mana…alhamdulillah jikalau memang tertarik dan berniat untuk memuatnya di website Mahanagari…pada dasarnya saya bersedia, biar bisa makin banyak yang dapet informasi dan ikut senyam-senyum baca ceritanya ^^.

      Siplah, saya sudah menyatakan kesediaan saya, semoga bermanfaat.

      ps: ditulisannya boleh di link ke blog ini? hehe…^^

      nuhun pisan yak Mahanagari….sukses teruusss..hingga mengguncang Bandung. amin

       
      • mahanagari

        August 23, 2010 at 1:58 am

        whuaaawawaaww akhirnya direply jugaaa!
        hehehe, morin, boleh minta nama lengkap sama email? buat dicantumin di web. Link ke blog mah pasti doonngg!😉

         
  8. morinmorefun

    August 23, 2010 at 1:34 pm

    @mahanagari:

    hohoho….boleh dengan senang hati..mba/mas mahanagari (sepertinya mba ya? — sotoy gini).

    baiklah, nama lengkap saya: Morinta Rosandini, email: iniimelmorin@yahoo.com, perlu nomor sepatu ga? hehe..ampun becanda…mangga..mangga….hatur nuhun ^^

     
  9. baby car seat safety ratings

    January 11, 2011 at 7:35 am

    wah
    thanks banget informasinya

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: