RSS

‘SEBLAX’ pedas menantang (perjalanan duo kontet dan si padang di tatar sunda)

07 Mar

Kuliner jajanan esde (SD.red) dari tatar sunda memang ga ada abis nya, sebut saja, cireng, cimol, cilok, basreng, dan masih banyak lagi. Dari dulu hingga kini, emang ga ada matinye, saat saya masih berseragam merah putih hingga kini berseragam hansip eh udah kuliah maksudnya, keluarga makanan bermarga ‘CI’ tersebut masih tetap bertahan menjadi primadona jajanan esde dengan ciri khas dan kretivitasnya. Ciri khas yang menonjol dari jajanan-jajanan tersebut ada dua, yaitu kenyal dan pedas. Kenyal karena memang bahan bakunya dari tepung aci (yang olahannya biasa digunakan untuk mengelem) dan pedas karena cita rasa cengek (cabe rawit.red) yang mengundang air liur berlinang. Yahutz markoyut, sedap markodap lah pokoknya….

Rabu, 2 Maret 2011, selesai kuliah pagi, saya bersama dua teman saya sebut saja si kontet dan si padang, berkesempatan mengunjunig daerah Cibadak, Bandung. Salah satu daerah yang ramai di kota Bandung, karena merupakan pusat grosir souvenir, kain, dan berbagai keperluan sehari-hari. Tujuan utama mengunjungi cibadak saat itu adalah mengantar si padang untuk mencari korsase ( kembang buatan untuk hiasan yg disematkan di dada (kebaya dsb sumber: http://www.artikata.com/arti-336314-korsase.php), sebagai pelengkap logistik acara, dikarenakan Uni nya akan menikah dalam waktu dekat (di doakeun sing lancar..amin..).

Siang itu cuaca cukup cerah dan panas menusuk kulit, namun hasrat kami untuk berkeliling tidak luntur, khususnya bagi si kontet yang memang hobi dan jago soal belanja serta tawar-menawar. Setelah berputar-putar tak berapa lama, akhirnya kita menemukan toko yang cocok, korsase yang ada pun beragam dan bagus-bagus. Dengan kekuatan tawar-menawar dari si kontet dan ketelitian yang begitu tajam dari si padang, maka didapatkan lah korsase sebanyak 8 lusin!!!. Alhamdulillah…. Tujuan utama pun selesai, namun yang namanya wanita belum disebut wanita kalau sudah datang ke sebuah tempat belanja tidak berkeliling ke semua sudutnya. hahahahaha…..

Perjalanan pun di lanjutkan. Kami pun bersepakat untuk berjalan dari Cibadak menuju pusat perbelanjaan Kings dan Jogja Kepatihan (gempor-gempor dah). Belum sampai pada tujuan selanjutnya, tiba-tiba kami melihat sebuah benda di ujung trotoar nan berkilauan memantulkan cahaya matahari kesetiap sudutnya, seraya memanggil dengan penuh khidmat menyentuh sanubari kami (lebaaaay)….ya…benda itu adalah sebuah gerobak dengan tulisan SEBLAK pada kacanya serta disebelahnya terdapat seorang ibu-ibu yang sedang kipas-kipas mengusir panas siang itu, yang disinyalir dia adalah pemilik gerobak tersebut. Berikut penampakan gerobak beserta ibu-ibu penjual seblak.

Teman-teman tau seblak kan ya? Kripik pedas ciri khas Bandung. Namun seblak yang dijual ibu-ibu ini adalah seblak yang lain daripada yang lain. SEBLAK BASAH. Awalnya saya bingung, apa pula itu seblak basah, namun saya teringat cerita si kontet, bahwa memang ada seblak basah, dan si kontet sering membuatnya sendiri di rumah….rasanya enak (kata si kontet mah). Dari sejak awal si kontet bercerita tentang seblak basah, diam-diam saya menaruh rasa penasaran akan jajanan yang satu itu. Tak dinyana, siang itu saya berkesempatan untuk mencobanya. hohohho…

Jadi apakah sebenarnya itu seblak basah?

Hingga saat ini saya belum bisa mengartikannya secara harfiah, karena belum menemukan sumber yang pasti. Namun secara sederhana seblak adalah jajanan khas sunda yang terbuat dari bahan kripik dan diberi bumbu pedas berupa cengek. Seblak memang terkenal memiliki cita rasa pedas. Lalu bagimana dengan seblak basah? Perbedaannya ada pada cara penyajiannya, bahan dasar utamanya sama, yaitu kerupuk/kripik mentah yang digoreng dengan sedikit minyak, cengek, dan diberi air sedikit. Sehingga seblak basah memiliki tampilan lebih lembut dari seblak biasa yang renyah dan kriuk-kriuk.

Yap…kembali pada duo kontet dan si padang, kami pun akhirnya memesan satu porsi seblak basah seharga 5000 rupiah. Ibu-ibu penjual seblak mulai beraksi dengan mencampur berbagai bahan yang ada dalam kualinya. Setelah menunggu tidak berapa lama, seblak basah pun jadi. Wuaaah…..warnanya yang merah membuat air liur mulai keluar…hahaha…dan ternyata kami beruntung karena seblak basah yang di buat oleh ibu ini berbeda, beliau mengkreasikan seblak basahnya dengan memasukkan bahan-bahan lainnya seperti, telur, mie kwetiau dan pangsit sehingga semakin menambah selera. Beli satu porsi dengan dua sumpit…haha…karena makan seblak basah ini menggunakan sumpit layaknya makan mie.

Rasanya?

Jangan ditanya lagi…pedaaaaaaaaaaaaas….hahahahaha……makan setengahnya saja saya ga kuat, selebihnya diserahkan pada si kontet yang doyan dengan seblak basah. Rasanya memang ga kalah dari cimol, cireng, cilok dan kawan-kawan. Hohohoho…..walau bagaimana pun, saya merasa cukup puas karena sudah menikati seblak basah, jajanan ala sunda yang unik dan memiliki cita rasa spesial. Buat semua teman-teman yang belum coba, jangan ragu jangan bimbang..hajar seblak basaaaah!!!! Tersedia di beberapa tempat di kota Bandung ini.

Yap…seblak basah sudah di perut, minum sudah ditangan….pikiran semakin terbuka…perjalanan pun di lanjutkan kembali!!!! Duo kontet dan si padang berjalan menyusuri jalan menuju Kings dan Jogja….sambil mencuci mata dan merefresh kembali pikiran yang mumet. hahaha…..

Sampai berjumpa pada jalan-jalan kuliner selanjut nya…

nb: buat yang saya sebut si kontet dan si padang, jangan marah ya ^^….hehe…ngakulah saya juga kontet dan saya juga padang…hahahahhaha…..kapan-kapan jalan-jalan lagi yaa…ajakin si jangkung, si jepang serta seluruh penghuni kelas game…

hehe..peace…

tetap semangat!!!!

morin,

kopo, 7 maret 2011

 
13 Comments

Posted by on March 7, 2011 in Makaaaaaaan

 

13 responses to “‘SEBLAX’ pedas menantang (perjalanan duo kontet dan si padang di tatar sunda)

  1. ima

    March 7, 2011 at 10:33 am

    ini kan hari rebo yang si morin mau ajak aku juga ke pasar baru itu yah?? wuaaah…

     
    • morinmorefun

      March 7, 2011 at 10:40 am

      iya bener banget maaaaa…hahahaha..yuk yuk….ikut jalan2….haha…makan seblak basaaaah….ntar gantian ajakin kita keliling malang…hahaha

       
  2. dini

    March 7, 2011 at 11:53 am

    bwakakakaka langsung masuk dapur jurnalis si seblak, duo kontet dan si padangnya XDDD tapi kenapa jamur crispy nya ga masuk juga? padahal kita mpe 2x beli jamur crispy nya gara2 si padang baru sekali itu menemukan benda bernama jamur crispy dan doyan😄

     
    • morinmorefun

      March 8, 2011 at 12:53 am

      ya mba..lupa ama jamur crispy..hahahaha…berikutnya lah…di episode 2….wakakakaka……

       
  3. dede

    March 8, 2011 at 12:13 pm

    hahahahahahahahahahahahahhahahaha
    dd emang jago tawar menawar
    ayo ayo yg mau belanja sini dd anter

     
    • morinmorefun

      March 13, 2011 at 2:41 am

      yah ini si kontet datang….hahaha…mantabh de…punya ilmu tawar menawar, udah cocok lah jadi bu ibu yang bergentayangan di pasar baru..heuheu…ntar klo eik mau belanja lagi..anterin ya de ^^

       
  4. rifqie

    March 9, 2011 at 4:58 am

    morinmorinmorin..
    postingannyaaa…soooo amusing. morin banget!😀

     
    • morinmorefun

      March 13, 2011 at 2:42 am

      huehehehe…makasi teteh ginceu ^^….

       
  5. cipus

    March 9, 2011 at 12:15 pm

    kapan2 eik juga mo nyoba sensasi dr seblak basah ;D
    si kontet dan si padang?? sepertinya saya tahu, hohoho

     
    • morinmorefun

      March 13, 2011 at 2:42 am

      ayow ceeeeeps..mari kita wiskul bersama..itu seblak cepus banget dah pokoknya…tiati menci2 abis makan nya..hehe..peace ah…

       
    • ninaberkarya

      March 16, 2011 at 11:13 am

      watchout menci- menci lh pyus😉

       
  6. nope

    March 26, 2011 at 11:13 am

    jangan puuuuussss..jangan makan seblak lagii..kasian perutnya..hehe >.<

     
  7. Cahya

    April 18, 2011 at 11:25 am

    seblak cibadak rasanya enak kayaknya !!!!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: