RSS

Goyang Damri di Pagi Hari

09 Aug

Pagi ini tak seperti pagi-pagi kemarin, biasanya aktivitas pagi dijalan saya selalu ditemani oleh abang tersayang, abang muntam (karimun hitam.red). Namun, pagi ini ada yang berbeda, abang muntam saya tinggal di rumah, dan saya pergi berkelana sendiri, menjelajahi bandung dengan transportasi yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah bagi warganya. Naik berdesak-desakkan dengan penumpang lain, saya berusaha meraih palang yang ada di atas atapnya untuk dapat berdiri dengan kokoh, namun apa daya, palang itu terlalu tinggi untuk saya genggam, kalaupun berhasil saya raih, kaki saya akan terangkat naik sehingga goncangan damri yang terasa akan sangat hebat. haha…walhasil saya berpegangan pada kursi yang ada disamping saya. Perjalanan terus dilanjutkan.

Salah satu transportasi di Bandung yang jadi favorit saya adalah bus DAMRI. Saya memfavoriti (kacau ini bahasa) bus DAMRI karena beberapa hal; satu yang pasti adalah karena murah, dua karena muatannya besar, jadi bisa banyak silaturahim sama orang-orang di jalan (ga jarang saya ketemu temen lama di dalam bus damri), tiga karena bodinya yang besar dan tinggi, saya bisa melihat pemandangan macet kota Bandung dengan leluasa, sungguh seru merasa jadi penguasa jalan.

Tapi tahukah kawan apa itu singkatan DAMRI dan bagaimana sejarah DAMRI bisa terbentuk?

Berikut saya ambil dari situs resmi DAMRI. http://www.damri.co.id

Tahun 1943, terdapat dua usaha angkutan di jaman pendudukan Jepang JAWA UNYU ZIGYOSHA yang mengkhususkan diri pada angkutan barang dengan truk, gerobak/cikar dan ZIDOSHA SOKYOKU yang melayani angkutan penumpang dengan kendaraan bermotor/bus.
Tahun 1945, setelah Indonesia merdeka, dibawa pengelolaan Kementrian Perhoeboengan RI, JAWA UNYU ZIGYOSHA berubah nama menjadi “Djawatan Pengangkoetan” untuk angkutan barang dan ZIDOSHA SOKYOKU beralih menjadi “Djawatan Angkutan Darat” untuk angkutan penumpang.
25 November 1946, kedua jawatan itu digabungkan berdasarkan Makloemat Menteri Perhoeboengan RI No.01/DAM/46 dibentuklah “Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia”, disingkat DAMRI, dengan tugas utama menyelenggarakan pengangkutan darat dengan bus, truk, dan angkutan bermotor lainnya.
Tugas ini pulalah yang menjadikan semangat “Kesejarahan” DAMRI yang telah memainkan peranan aktif dalam kiprah perjuangan mempertahankan kemerdekaan melawan agresi Belanda di Jawa.
Tahun 1961, terjadi peralihan status DAMRI menjadi Badan Pimpinan Umum Perusahaan Negara (BPUPN) berdasarkan PP No.233 Tahun 1961, yang kemudian pada tahun 1965 BPUPN dihapus dan DAMRI ditetapkan menjadi Perusahaan Negara (PN).
Tahun 1982, DAMRI beralih status menjadi Perusahaan Umum (PERUM) berdasarkan PP No.30 Tahun 1984, selnajutnya dengan PP No. 31 Tahun 2002, hingga saat ini. Dimana PERUM DAMRI diberi tugas dan wewenang untuk menyelenggarakan jasa angkutan umum untuk penumpang dan atau barang di atas jalan dengan kendaraan bermotor.
 
Sumber: http://www.damri.co.id
 

Woooow..mantabh bukaaan ternyata damri tercinta kota Bandung ini memiliki sejarah yang menarik untuk disimak, sehingga apabila setiap kita menumpang damri untuk ‘berkeliling’ kota Bandung, kita akan lebih bisa menghayatinya lebih dalam.

Bus Damri saat ini telah banyak mengalami peningkatan, salah satunya adalah tersedianya armada (bukan band loh) yang memiliki fasilitas AC, dan tahun ini Damri mengeluarkan produk baru, yang memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi para penumpang wanita, Damri Khusus Wanita. Namun saat ini armada yang diterjunkan baru sedikit dan baru pada jalur Kebonkalapa-Cibiru. Semoga di jalur-jalur lain bisa segera dibuka.

Naik bus memang menyenangkan khususnya bus Damri, didalamnya kita dapat melihat potret kehidupan kecil kota Bandung, ada yang lagi buru-buru menuju suatu tempat, ada yang lagi tidur kecapekkan, ada yang lagi ngamen, ada yang lagi sibuk buka-buka buku untuk ujian, ada yang lagi senyum-senyum kecil di pojokan sambil baca sms…dan masih banyak lagi. Sekali-kali coba tinggalkan kendaraan di rumah…biarkan dia beristirahat sementara, lalu pergilah ke kantor, ke kampus, ke sekolah atau sekedar jalan-jalan ke pasar baru dengan menggunakan kendaraan umum, khususnya bus…maka kiat akan merasakan satu pengalaman luar biasa yang tidak pernah kita alami ketika kita naik kendaraan pribadi, yaaah itung-itung mengurangi asap di kota..hahaha…dan siapa tau bisa nambah banyak kenalan di perjalanan.

mengorbankan sesuatu, meninggalkan rutinitas sesaat untuk mendapatkan sebuah pengalaman berharga tidak ada salah toh ^^…let’s try some little adventure..it’ll be fun.

Goyangan Damri di pagi hari tak kan pernah kulupakan (hahaha lebay)…

 
5 Comments

Posted by on August 9, 2011 in Curhat Ramadhan, Yang Seru

 

5 responses to “Goyang Damri di Pagi Hari

  1. seli_usel

    August 12, 2011 at 7:09 am

    hump’z
    asyik juga ceritanya
    seru.

     
  2. morinmorefun

    August 16, 2011 at 3:19 pm

    hahaha…makasi seli ^^….pecinta bus damri juga kah?

     
  3. kamelia sri maryanti

    August 19, 2011 at 3:03 pm

    bulan2 kmren sering naik damri buat KP ke daerah palasari.. emang asik teh🙂
    btw, msih g ngerti peran aktifnya damri buat perlawanan thd agresi belanda teh …

     
  4. morinmorefun

    August 23, 2011 at 2:03 am

    wah kamel penggemar damri juga…hehe…

    iya kayaknya emang dulu damri dipake buat angkut kendaraan bermotor, jadi sebagai transportasi angkutan bermotor dia punya peran dalam distribusi kendaraan yang dibutuhkan oleh tentara Indonesia, atau mungkin angkut senjata ya? (analisis ngaco)..maaf jawaban kurang memuaskan

     
  5. Sundari

    August 23, 2011 at 4:58 am

    Lucu banget yang, “namun apa daya, palang itu terlalu tinggi untuk saya genggam, kalaupun berhasil saya raih, kaki saya akan terangkat naik sehingga goncangan damri yang terasa akan sangat hebat”.

    Hahahaha, Bu morin emag paling yahud soal goncangmenggoncangkan gelak tawa. Hahaha.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: