RSS

BERSALING 2011 – Curhat anak desain soal Lingkungan

22 Aug

Sejarah bergabungnya saya dengan acara ini adalah berawal dari bisikan maut dari teman kerja saya (Fajar) dilanjutkan oleh ajakan oleh mantan teman seperjuangan saya semasa smp (Listi) hingga akhirnya saya bisa bergabung menjadi salah satu relawan kakak pendamping di acara Bersaling 2011, yang berlangsung pada hari ahad, 21 Agustus yang lalu.

BERSALING — Berbuka Sambil Ingat Lingkungan

Merupakan sebuah acara yang diracik oleh beberapa komunitas peduli lingkungan  (U-Green ITB, Greeneration Indonesia, WALHI JABAR, Greeners Magazine, HMTL ITB, Bandung Berkebun, Komunitas Sahabat Kota, dan masih banyak lagi) bertujuan untuk mengajak ratusan anak yatim piatu dari berbagai panti sauhan yang ada di Bandung, untuk berbuka bersama, berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan, diselingi dengan edukasi mengenai lingkungan khusunya mengenai sampah. Banyak sekali yang terlibat di acara ini, dan mereka semua adalah para relawan yang bekerja keras dengan penuh semangat yang luar biasa demi mensukseskan acara ini.

Bersaling merupakan acara tahunan yang pada tahun ini menginjak tahun ke 6 nya, dilangsungkan di Gedung Kologdam Jl. Aceh 50 Bandung. Diikuti oleh 400 anak yatim, ratusan relawan dan puluhan tamu undangan, dimeriahkan pula oleh Komunitas Hong, penampilan dari My Bird House, Kaliza, Supersonic, hingga pemutaran film pendek berjudul “Petualangan Dari Negeri Sampah” dari U-Green ITB.

Karena penyelannggaranya merupakan komunitas peduli lingkungan, maka acara ini dikemas sedemikian rupa sehingga tidak menghasilkan sampah dan juga mengolah sampah yang ada dengan baik, dengan mengajak seluruh peserta dan undangan bersama-sama memisahkan sampah makanan yang dihasilkan pada acara tersebut. Kegiatan ini bisa dibilang sebagai salah satu kegiatan “zero weist event”.

Awalnya saya berfikir tau apalah saya yang notabene anak desain tentang lingkungan, apalagi harus jadi relawan yang tugasnya meng-edukasi adik-adik peserta mengenai sampah. Tapi seiring dengan bantuan dari kakak-kakak panitia yang budiman serta edukasi tentang sampah pengolahannya oleh YPBB (Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi) dan dimbubui oleh semangat bertemu dengan adik-adik dari panti asuhan, jadilah saya beranikan diri untuk tercemplung didalamnya. Lagipula lingkungan tempat tinggal kita, khususnya saya sendiri, jadi tanggung jawab diri sendiri, kalau bukan saya yang peduli terhadap sampah yang saya hasilkan siapa lagi? mang-mang tukang bubur? mbok jamu? ya ga mungkin laaaah…..hahaha.

Hari itu saya diamanahi membimbing 10 anak panti dari Panti Asuhan Nurul Ichsan yang berasal dari daerah Cijerah, bersama seorang partner (yang baru kenal sehari sebelumnya) bernama Hasan Yusuf, seorang anak muda berjiwa juang tinggi dari AlfaCentauri. Senang juga bisa dipasangkan dengan si Hasan ini, karena dia mengingatkan saya akan masa-masa SMA saya dulu, ketika masih aktif di Rohis sekolah, begitulah pula Hasan, yang punya segudang amanah di rohis sekolahna.hahaha….salam semangat san!.

Yang membuat acara ini seru bagi saya adalah ketika bertemu dengan adik-adik panti. Adik-adik di kelompok saya dan Hasan, berusia 13-14 tahun dan masih duduk di bangku SMP (kebanyakan bersekolah di MTS), terdiri dari 4 orang akhwat (Dewi, Mia, Nourah,Vera) dan 6 orang ikhwan (Mamat, Dadan, Rifki, Roy, Ade, Acep). Dewi anaknya centil dan aktif, Mia pendiem dan bijak, Nourah manis dan pemalu, Vera ceria dan memiliki kekurangan pada mentalnya, mereka semua punya cita-cita jadi guru. Sedangkan yang ikhwan mereka semua aktif, khususnya si Mamat, si Dadan dan si Rifki….kesemunya memiliki hobi yang sama yaitu main sepakbola. Awalnya pada malu-malu, tapi akhirnya ketahuan sifatnya masing-masing..hehe.

Bersama Teman-teman Relawan dan Adik-adik Panti Asuhan Nurul Ichsan (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Sama Dewi dan Aisyah😀 (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Alhamdulillah acara berlangsung dengan lancar, setelah berbuka, sholat berjamaah dan makan bersama, semua kakak pembimbing membantu adik-adik untuk memisahkan sampah makanan, dan memberikan bingkisan berupa tas pengganti kantong kresek dan baju baru layak pakai. Di akhir acara ada yang membuat saya terharu, adik-adik akhwat bilang “yaaah ga mau pulang, kakak jangan lupa maen ke panti ya”..heu T_T…..membuat saya jadi terenyuh (lebay).

Yap, dalam hati saya berjanji (smoga bisa saya tepati), suatu saat saya akan datang ke Cijerah bertemy dengan mereka lagi. Amin ya Allah, semoga saya masih punya umur untuk kesana.

Hal lain yang menarik dari Bersaling 2011 ini adalah berkumpulnya beragam manusia dari beragam komunitas di Bandung, tumplek tubleg di satu tempat dalam satu hari. Dan teori ‘dunia itu sempit’ pun semakin terbukti, disana saya banyak bertemu dengan orang-orang yang sudah saya kenal (atau mereka yang kenal saya ya? — jyah sok terkenal banget dah eike) juga bertemu dengan orang-orang yang ternyata bertalian dengan orang-orang yang sebelumnya saya kenal (nah gimana itu maksudnya), bertemu dengan orang-orang yang belum sama sekali saya kenal tapi memiliki background yang sama (sama almamater kuliah, skolah, tempat tinggal dll), hingga berkenalan dengan orang-orang yang sama sekali belum pernah saya kenal, jumpai dan tidak memiliki latar sejarah yang sama.

Hehehe….mmh…yah sepertinya sekian laporan dari saya mengenai acara Bersaling 2011, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi yang membacanya, klo ga minimal tau tentang adanya acara Bersaling ini…dan semoga tahun depan kita bisa bersua kembali di Bersaling 2012!!!!!!.

Terakhir, saya mengucapkan terimakasih banyak untuk Fajar Ciptandi dan Listia Rahmandaru Guntur yang telah menjebloskan saya ke jalan ini.😀

Bersama Kakak Nunu dan Kakak Shinta, Para Relawan Bersaling 2011 (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Bersama Kak Hasan dari Alfa Centauri Partner Kakak Pendamping. Semangat kakak ditunggu di ITB🙂 (sumber: Dokumentasi Pribadi)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: