RSS

do it or regret it!!!

08 Oct

bangun pagi-pagi dari dinginnya malam di Labuan Kananga kadang membuat hati galau…panggilan ayam jantan yang bersahut sahutan dari luar rumah benar-benar membuat hati pilu, rasanya ingin manggang tu ayam…hahaha…becanda.

Kegalauan ini diiringi rasa kekhawatiran akan kondisi sekolah…tiap pagi selalu saja banyak pertanyaan yang berputar-putar dalam otak:

“Berapa guru yang masuk hari ini ya?”

“Kalau guru PNS itu tak datang lagi, berarti saya harus gantikan kelasnya lagi”

“Sekoah pasti kotor sekali hari ini, karena kemarin hujan besar, pasti banyak tai kambing berserakan di lantai sekolah”

“Nanti pasti ada anak-anak yang bertengkar karena berebut jambu.”

“Berhasilkah metode yang saya berikan dalam mengajar hari ini?”

Wuaaah pokoknya banyak banget bisikan-bisikan setan memekakkan telinga di pagi hari, semua kekhawatiran tersebut selalu membuat langkah ini ragu untuk terus berjalan. Ingin rasanya berhenti sejenak, tapi kehormatan ini tak mengenal kata istirahat. Saya yang punya sifat mudah bosan dengan sebuah kondisi benar-benar diuji besar-besaran disini, rasanya ingin kabur ke gunung dan nyebur kelaut, tapi dorongan tersebut tertahan oleh sesuatu yang dinamakan tanggung jawab. Jalan ini adalah jalan pilihan saya, tak pernah ada satupun orang yang memaksa untuk saya berada disini, dan Allah lah yang menuntun saya menuju arah ini, entah apa rencana Allah, tapi yang pasti ini untuk kebaikan saya dan yang pasti saya harapkan ini juga menjadi kebaikan bagi banyak orang.

Kegalauan itu memang selalu muncul di pagi hari, entah mengapa saya tidak mengerti. Namun anehnya ada sebuah keajaiban saat saya berjalan menuju sekolah, bertemu dengan anak-anak yang siap berangkat sekolah dengan tas-tas kecilnya, kuncir rambut nya yang masih basah karena baru mandi, juga senyum di wajahnya lalu dari kejauahan dengan suara cemprengnya mereka memanggi ibu gurunya : “Ibu Moriiiin”…haaaa….rasanya lega…mereka masih semangat sekolah, mereka mau belajar, kenapa saya harus sedih?, kenapa saya harus berhenti?. Makin semangat ketika melihat guru-guru sukarela yang datang pagi dan siap mengajar…walau kadang mereka datang dengan bambu panjang di tangan kirinya, membuat mereka selalu berkuasa atas anak-anak. heuheu…

Apapun yang terjadi, apapun yang saya hadapi di sekolah hari ini, otak saya berputar kencang, saya hanya punya waktu satu tahun disini, tidak kurang dan insyaAllah tidak lebih…waktu pendek tersebut yang mendorong saya untuk terus berjuang, DO IT OR REGRET IT!!!! …kesempatan belum tentu datang dua kali, karena sesal selalu datang di akhir.

Didukung dengan suntikan dan Bismillah…insyaAllah galau di pagi hari akan luntur pelan-pelan…oyah satu lagi ada sebuah doa mujarab ketika kita ingin menuntut ilmu, doa ini selalu dibaca setiap pagi oleh murid-murid saya, tapi hingga kini saya percaya bahwa guru pun harus membaca doa ini:

Robbi zidni ‘ilma warzuqni fahma…
(Ya Allah tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku pemahaman yang baik)…

Do’a ini bukan hanya untuk siswa yang siap belajar, tapi juga buat guru yang siap belajar…yap guru tidak hanya mengemban tugas untuk mengajar, tapi juga harus belajar kehidupan dari anak-anak muridnya…

do it or regret it

jadi sebuah senjata tersendiri bagi saya untuk terus bergerak…

MERDEKA!!!!!

tiba-tiba inget satu baris lirik dari lagunya counting crows – big yellow taxi

“Don’t it always seem to go
That you don’t know what you’ve got
Til its gone”

Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang merugi, sesal setelah semua berlalu…

keep on moving..SEMANGAAAAAAAAAT!!!!

Labuan Kananga, 8 Oktober 2012

Pulang dari les anak-anak SMP

 

Leave a Reply

 
